Sedihnya Jika Anak Disentri...

Jum'at 6 juni 2015 

Pulang ngantor seperti biasa saya jemput si kecil yang saya titip setiap harinya di rumah ortu. Saya dapati si kecil 'rodo sumeng' alias anget badannya.. Batin saya saat itu, biasalah anak-anak, kalau ga kecape'an yaa paling banter mau flu..

Sampai di rumah, suhu tubuh si kecil mulai naik, dan tercium aroma tidak sedap..*nutup idung* Yaa si dede pup hehe.. baik lah segera saya bersihkan.



Bukan apa-apa, saya sering melihat 'penampakan' pup anak saya, supaya terlihat apa saja yang masuk ke perutnya..(gak sampai ngubek-ngubek siii..jijik kali yaa..). Nah saat itu feses nya agak cair ada lendir sedikit.. Masih dengan batin saya, " Kaya'nya Zita masuk angin nih.." langsung saya balur si kecil dengan minyak telon.

Belum lama dari pemakaian diapers, sudah Pup lagi... selang waktu dari waktu maghrib sampai si kecil tidur 5 kali pup... Ya Allaah..pasti ada yang gak beres nie. :(

Meskipun bolak-balik pup, tapi si kecil tetap lincah dan gak rewel, Tapiii saya sebagai ortunya aseli khawatir banget :(

Sabtu 6 Juni 2015

Saya ingat ada stok Lacto-B di kulkas. Biasanya kalau anak diare diberi Lacto-B 1-2 sachet akan ada perubahan, dan menjadi lebih baik. Pokoknya saya hari itu belum kepikiran sama sekali untuk ke dokter.

Lacto-B
Selalu Tersedia di Kulkas


Ya Salaam...
Dari pagi sampai sore sudah hampir 8 kali si kecil buang-buang air.
Dengan ciri feses:
- sedikit tapi berlendir
- feses seperti ada bulatan-bulatan biji cabai
- ada darah






INI PASTI DISENTRI..!!


Saya mencoba tenang, tapi yang namanya ibu, mana bisaaa :'(
Disentri itu... pasti mulleees banget,, pupnya sedikit, tapi aseli sakiiiiit banget. Masya Allaah.. :'(

Saya putuskan untuk membawa si kecil ke dokter, sepertinya membutuhkan antibiotik.

Dan memang, hanya antibiotik saja yang diresepkan dokter dan menjaga kebersihan.
Memang anak seumur itu lagi senang-senangnya memasukkan semua benda ke mulut kaan?
Tapi sampai antibiotik yang diberikan mau habis, tak kunjung sembuh, si kecil masih buang-buang air lendir campur darah, dengan frekwensi 3-5 kali sehari :'(

Kamis, 10 Juni 2015

Saya bawa lagi si kecil ke dokter yang sama (dokter langganan anak-anak). Sedikit 'heran' kok belum sembuh ??? Apalagi kami Dokter ? :'(

Diberi surat pengantar untuk cek darah dan USG. Alhamdulillaah hasilnya normal
Dituliskan resep antibiotik yang berbeda dan suplemen zat besi.
lumayan juga biaya tuk sekali berobat #:-s

Sempat saya bertanya," bagaimana jika tidak ada kemajuan dokter?". the doctor says,"dalam 5 hari pasti ada perbaikan.." Yakin dan Pasti.

Tapiii...
Obat sudah mau habis,, belum juga ada kemajuan. dalam sehari masih 4 - 6 kali BAB.. :'(

Beralih ke yang alami
Kunyit Putih
Kunyit Putih
Teman kantor menyarankan untuk mencoba kunyit putih, seperti pengalamannya sewaktu anaknya disentri. Dia juga mendapat masukan dari penjual jamu keliling.

Bismillaah, saya coba asal anak saya bisa sehat kembali..(tapi bukan asal coba-coba yaa..)
Setelah saya dapatkan kunyit putih, yang dibelikan ortu, saya masih ragu takut ada efek samping yang menyertainya. Googling sana-sini akhirnya Bismillaah...

* kunyit putih dikupas, diparut, dan diperas tapi kok lengket banget yaaa... ternyata salah harusnya yang diparut bonggolnya.. :D

saya cicip...hueeekk, paiit banget

Saya beri si kecil air sari kunyit putih dengan campuran madu selain mengurangi rasa pahit, juga bagus untuk tubuh.

Alhamdulillaah mau nelen gak di muntahin :)

Jadilah hari itu hanya 3 kali pup dalam sehari. Alhamdulillaaah O:)
Tapi kok saya gak mau nerusin pakai sari kunyit putih itu yaa,,, seperti saya bilang di awal, saya belum dapat informasi yang gamblang tentang efek sampingnya, apalagi buat si kecil yang masih 1 tahun 7 bulan.

Beralih ke herbal yang lain. Daun Jambu Klutuk atau Jambu Biji.
Orang tua saya menyarankan untuk mencoba herbal yang satu ini. Karena setiap hari si kecil saya titipkan di rumah ortu, melihat cucunya yang bolak-balik pup pasti lah gak tega juga.

Daun Jambu Biji
Daun Jambu Biji
Ternyata agak susah mencari daun jambu biji ini. Dulu sii ortu punya tanamannya tapi sekarang tidak lagi :(   dan sepertinya harus nanam lagi deh.
Suami keliling-keliling komplek, gak nemu juga. Ndelalahnya tetangga yang tadinya punya tanaman jambu biji, baruuu aja ditebang, karena mau renovasi rumah :(

Alhamdulillaah, akhirnya dapet juga...tetangga di rumah ortu masih ada yang punya.
Ibu saya dengan telaten memberikan sari daun jambu biji sehari 3 kali. Sampai tuh daun biji yang muda habis karena setiap hari dipetikin  *makasih tante Gonang*
Proses bermain disini. Alhamdulillah, perlahan tapi pasti, menunjukan kemajuan. Selama satu minggu BAB 3 kali sehari, tapi sudah tidak campur darah lagi, Alhamdulillaah.
Setelah itu berangsur pulih, dan normal kembali setelah 2 minggu minum sari daun jambu biji.. Alhamdulillaah.

Pengobatan yang murah :) (Y) Alhamdulillaaah ....

Baca Juga : Penyebab Disentri


Comments

Populer

HSI - Muqoddimah : Pengagungan Terhadap Ilmu

Infeksi Saluran Kemih (ISK)