Nabung..? It's Must..!!


Jangan sampai anak-anak kita seperti orang tuanya, yang gak punya tabungan buat masa depan. Jangankan buat nabung, untuk kebutuhan sehari-hari aja perlu gali lubang. Dan nutup lubangnya di bulan depannya, biar bisa gali lubang yang baru... hadeeh #:-s

Dan memang, kenyataannya buku tabungan yang banyak itu cuma buat lewat doank, alias isinya gak pernah lama bertahan..hiks.. Itulah akibatnya menggunakan kartu ATM, bawaannya kalau ga punya duit, pinginnya geseeek ajah.. hehe



Rugi juga kan punya tabungan di Bank, tapi isinya minim..habis buat biaya administrasi aja.. :(

Picture by Google
Alhamdulillaah, saat ini adalaaah..walaupun sedikit yang cukup lama bertahan..bukan untuk biaya administrasi doank lhoo.. :D

Mungkin Tips ini bisa juga Anda pakai :)

1. Uang Receh
    Siapkan wadah khusus untuk menyimpan uang receh. Walaupun kecil nilainya, tapi kalau dikumpulkan lumayan besar lho nilainya. Intinya perlu konsisten.
Pisahkan wadah 500 perak, 1000, dan receh yang lain (kalau 200 dan 100 jadi satu aja kali yaa..biar gak kebanyakan hehe)
Semua anggota keluarga juga harus dilibatkan, termasuk anak-anak.

2. Celengan
Hihi,,kuno yaa..haree genee masih pakai celengan.
Kami gunakan  khusus untuk nominal 20.000 rupiah, Jadi jangan sampai penampakan uang berwarna hijau itu terlihat, kalau nampak..langsung masuk celengan ayam jago.
Bagi anak-anak kami belikan bentuk celengan yang mereka suka, supaya makin gemar mengisinya.

3. Rekening Tabungan
Kalau sudah terkumpul yaitu dengan ciri-ciri celengan atau toples uang receh penuh, simpan di tabungan yang sudah kita miliki. (Kalau bisa ditukarkan dulu uang logamnya, jadi gak berat bawa uangnya ke Bank...hehe ).Atau jika belum memiliki rekening tabungan , bisa juga lihat di website cermati.com , banyak informasi  yang bisa didapatkan mulai dari tabungan untuk anak, bisnis, sampai artikel mengenai finansial yang bermanfat tentunya.

4. Belanja Yang Dibutuhkan
Nah...buat yang konsumtif (siapa sieh yang nggak..? hehe) perlu nge-list. Apa-apa aja yang perlu dibeli, dan kalau perlu contekan list nya itu dibawa pada saat belanja, biar gak ada alasan lupa.
Ajarkan juga anak-anak dalam hal ini. Jika anak menginginkan sesuatu, ajarkan untuk menabung terlebih dahulu. Sehingga mereka belajar, bahwa tidak mudah untuk memiliki sesuatu..diperlukan perjuangan..(menyisihkan yang jajan mereka).

Ingat !! Beli yang dibutuhkan, bukan yang diinginkan (galak amat yak... :D

5. Bisnis
Sekarang apa sih yang gak bisa dibisnisin. Pintar masak, bikin kue, craft, dan lain lain, tinggal pasang di Profil Picture..zamannya gudget gitu lhoo..
Atau kalau gak punya modal bisa ikutan sistem Dropship. hehehe
Biar sedikit, lumayan kan buat nambahin isi tabungan. (Y) apalagi kalau banyak customers-nya..langsung bengkak rekeningnya.. Alhamdu..lillaah..

6.  Konsisten
Poin ini yang kadang-kadang (sering malah) dirasa sulit... Tapi kalau niat mau nabung buat masa depan, Poin ini yang utama. KONSISTEN, titik.

Semoga Tips ini bermanfaat :)


"Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Share Tips Menabungmu bersama Blog Emak Gaoel Dan Cermati"


Mau ikutan ?  Klik Disini aja. Dead line tanggal 01 Juli 2015 lhooo.. ;)



Comments

  1. Harus ketat, ketika mau membeli sesuatu ya Mak... itu berupa kebutuhan atau hanya keinginan semata.

    ReplyDelete
  2. Bener banger Mak ... Apalagi klo Ada diskon visa pushing mikirin...mo beli apa nggak..haha

    ReplyDelete

Post a Comment

bebas sopan

Populer

HSI - Muqoddimah : Pengagungan Terhadap Ilmu

Infeksi Saluran Kemih (ISK)